Aplikasi Ada Polisi, Efektif Cegah Tindak Kejahatan Berulang

Aplikasi Ada Police saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Kehadiran aplikasi ini memudahkan peran polisi jika terjadi tindak pidana. Untuk informasi lebih lengkap mengenai aplikasi HP terbaru ini, Anda bisa mengikuti pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi BeReal Terbaru, Filter Anti Edit Foto!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi Polisi

Ada Police adalah platform yang dibuat oleh Irjen Pol Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya. Kehadiran aplikasi ini bukan tanpa tujuan. Pembuatan aplikasi ini berperan penting dalam mencegah terjadinya tindak pidana.

Melalui Ada Polisi, pihak berwajib dapat mendata para pelaku kejahatan tersebut. Lebih tepatnya, individu yang rentan terhadap tawuran.

Fungsi dari aplikasi ini sesuai dengan penjelasan Kompol Ratna Quratul Ainy selaku Kapolres Metro Panjaringan.

Baca Juga: Aplikasi Jadwal Shift Karyawan Terbaru, Ini Penjelasannya!

Manfaat Memiliki Polisi

Kemudahan pendataan melalui aplikasi ini, dapat memberikan keuntungan dan keuntungan tersendiri bagi kepolisian. Polisi dapat merekam secara terus menerus dan akurat.

Selain bermanfaat untuk pencegahan, aplikasi Ada Police juga membantu kepolisian dalam membina individu-individu tersebut.

Dengan pembinaan tersebut, diharapkan pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi. Mengingat tawuran itu meresahkan dan merugikan. Bukan hanya diri sendiri yang rugi, tapi orang lain juga merasakan akibatnya.

Jika nama pelaku dicantumkan dalam aplikasi, diharapkan menjadi beban moral dan rasa malu sehingga pola pikirnya berubah menjadi lebih baik.

Alih-alih berkelahi, ada banyak hal positif lain yang bisa mereka lakukan. Tentu saja, kegiatan positif ini jauh dari kerugian.

Baca Juga: Aplikasi e-Kinerja hadir untuk mengukur kinerja dan disiplin ASN

Keuntungan memiliki kebijakan

Aplikasi terbaru ini memiliki berbagai keunggulan yang dapat menguntungkan penggunanya. Apa keuntungan ini? Salah satunya adalah keterbatasan akses.

Akses untuk melihat data yang terdapat dalam aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh pihak kepolisian. Dengan demikian, data tersebut dijaga kerahasiaannya. Tidak sembarang orang bisa mengetahui data tersebut.

Keunggulan Polisi selanjutnya adalah efektif. Aplikasi Ada Polisi ini sudah digunakan dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Kasus tersebut merupakan tawuran pelajar yang berada di wilayah hukum Polres Metro Penjaringan.

Ketika nama siswa dimasukkan ke dalam data, itu akan diketahui oleh orang tua, kelurahan, dan guru. Beberapa pihak ini juga memantau pergerakan mahasiswa. Perkelahian juga dapat dicegah dengan baik.

Adanya aplikasi ini juga mendukung kepolisian untuk menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan tentram. Dengan adanya aplikasi ini dapat meminimalisir tindakan kriminal seperti tawuran antar pelajar. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Ada Police sangat jelas direkomendasikan.

Siapapun yang namanya memiliki rekam jejak buruk dalam data kepolisian, akan berpikir berulang kali untuk melakukan kejahatan. Di sisi lain, pelaku cenderung berbuat baik dengan mengubah hal-hal negatif sebelumnya.

Tidak hanya efektif, penggunaan aplikasi ini juga praktis. Hanya melalui aplikasi, polisi bisa mencegah kejahatan secara maksimal. Ini juga alasan mengapa aplikasi Ada Police sangat berguna. (R10/HR-Online)