Aplikasi Android Go Paling Ringan dan Irit, Ini Daftarnya

Aplikasi Android Go merupakan Android versi ringan yang didesain khusus untuk smartphone entry level dengan RAM 512 hingga 1 GB.

Dengan kehadiran ini, aplikasi tersebut dikenal dengan Android Oreo atau Go Edition.

Tujuan dari fitur ini adalah untuk memastikan pengguna Android secara keseluruhan dapat menjalankan aplikasi dengan nyaman dan ringan tanpa hambatan.

Karena Google juga menawarkan varian Go untuk solusi berbagai masalah. Tentu saja, dengan Android Go, smartphone berspesifikasi rendah akan tampil lebih baik.

Baca juga: Menggunakan Aplikasi Android di Windows 11 Praktis Tanpa Perlu Emulator

Daftar Aplikasi Android Go Paling Agile dan Efisien

Anda perlu memastikan ketika memilih smartphone Android Go OS, aplikasi yang dapat diinstal juga telah dioptimalkan untuk Go Edition. Berikut aplikasinya.

Gmail Go

Daftar pertama adalah Gmail Go. Aplikasi versi ringan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan melalui email dengan smartphone.

Menariknya, semua fitur yang ada di Gmail ada di dalam Gmail Go. Mulai dari gerakan Swipe, notifikasi inbox, shortcut launcher, dan multi akun. Dibandingkan dengan Gmail biasa, Gmail Go lebih ringan.

Apalagi ukurannya yang sangat kecil bisa menghemat ruang memori. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus mengunduhnya melalui Google Play Store.

Baca juga: Aplikasi Sinar Android, alat baru untuk mempermudah pengelolaan SIM

YouTube Go

Aplikasi Android Go selanjutnya adalah YouTube Go. Percaya atau tidak, menggunakan aplikasi ini cukup menghemat kuota.

Karena YouTube Go dirancang khusus untuk meminimalkan konsumsi kuota internet.

Begitu juga dari segi performa, YouTube Go tidak kalah dengan YouTube pada umumnya. Apalagi YouTube Go memiliki banyak fitur, salah satunya fitur video sharing via bluetooth ke teman terdekat.

Tentunya untuk melengkapi Android Go agar lebih hemat kuota, maka langsung saja download di Play Store.

File Pergi

Aplikasi ini merupakan aplikasi paling ringan berupa file manager yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan file manager pada umumnya.

Keuntungannya adalah dapat menghapus file duplikat, menghapus cache, dan berbagi dengan teman terdekat.

Untuk pengguna yang menggunakan ponsel kelas bawah Berbasis Android Go, maka Files Go sangat cocok dijadikan sebagai file manager untuk kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini sangat ringan dan ukurannya kecil.

Baca juga: Setting Aplikasi Android Yang Benar Untuk Menghemat Kuota Internet

Google Maps Go

Untuk versi ringan selanjutnya adalah Google Maps Go. Aplikasi ini sangat menghemat kuota dan hampir semua fitur yang biasa ada di Google Maps terdapat di aplikasi ini.

Mulai dari arah, info bisnis lokal, update lalu lintas real time, dan angkutan umum. Pada dasarnya Google Maps Go adalah aplikasi Web progresif yang dapat berjalan dengan dukungan browser.

Untuk mendukungnya, Anda perlu menginstal aplikasi Google chrome. Semua aplikasi Android Go di atas tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna. Google sendiri mengatakan bahwa Android versi ekonomis mampu berjalan 15 persen lebih cepat. (R10/HR-Online)