Aplikasi Cek Kualitas Udara yang Populer, Berikut Ini Rekomendasinya!

Aplikasi pemeriksaan kualitas udara kini hadir dan memudahkan pengguna untuk mengetahui bagaimana kualitas udara di suatu tempat.

Pasalnya, kualitas udara di suatu tempat sebenarnya dapat mempengaruhi kondisi manusia yang melakukan aktivitas di sana.

Selain itu, udara yang banyak mengandung polutan juga dapat meningkatkan ancaman bagi kesehatan kita. Maka untuk dapat mendeteksi udara, dibutuhkan aplikasi ini.

Baca juga: Aplikasi Kesehatan Mental, Efektif Mencegah Kondisi Stres dan Depresi

Aplikasi Cek Kualitas Udara Yang Telah Hadir Dan Memiliki Banyak Manfaat

Pencemaran udara di Indonesia merupakan hal yang sudah lama dialami oleh beberapa daerah seperti Jakarta.

Hal ini karena daerah ini merupakan ibu kota negara dan pusat perekonomian negara, sehingga tidak heran jika Jakarta menjadi kota yang padat penduduk.

Seperti baru-baru ini, kualitas udara di Jakarta juga merupakan salah satu kawasan terburuk di dunia. Sehingga kondisi seperti ini sangat mengkhawatirkan bagi seluruh warga yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Kualitas udara di perkotaan jauh dari kata bersih, sehingga penting untuk selalu mengecek bagaimana kualitas udaranya.

Untuk memantau kualitas udara seperti itu juga tidak sulit, karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa kita gunakan di handphone.

UdaraKita

Aplikasi pemeriksaan kualitas udara pertama bernama AirKita dibuat oleh Greenpeace Indonesia. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas udara yang terjadi dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Anda bahkan dapat melaporkan kualitas udara di sekitar tempat tersebut melalui fitur pengaduan di aplikasi.

Baca juga: Aplikasi Gaya Hidup, Pantau Kesehatan Anda Lebih Mudah dan Praktis

IQAir AirVisual

Dari data IQAir berguna sebagai parameter untuk melihat bagaimana kualitas udara di suatu tempat. Jadi Anda bisa melihatnya melalui aplikasi yang bisa Anda download melalui iPhone dan Android.

Aplikasi ini juga mampu memberikan prakiraan cuaca dan polusi udara di lebih dari 10 ribu kota di seluruh dunia. Tentunya semua yang akan ditampilkan dengan grafis yang cukup menarik.

Kualitas udara

Melalui aplikasi Kualitas Udara ini, Anda dapat memantau bagaimana kualitas udara di tempat Anda berada. Kemudian Anda juga dapat memeriksa kegiatan apa yang tidak boleh Anda lakukan jika terjadi polusi.

Selain itu, Anda juga dapat berbagi di media sosial dan menambahkan beberapa informasi tentang kualitas udara.

Baca juga: Aplikasi Aido Kesehatan, Permudah Layanan Kesehatan dari Rumah

Bernapas

Napas ini merupakan aplikasi besutan mantan Chief Marketing Officer Gojek Piotr Jakubowski dan Nathan Roestandy. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melihat informasi tentang tingkat pencemaran suatu tempat.

Bahkan Breath juga bisa memberikan saran apa yang harus dilakukan pengguna untuk menghindari polusi dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pengecekan kualitas udara seperti di atas. (R10/HR-Online)