Aplikasi ESA Camaliot Rilis, Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan!

Aplikasi resmi ESA Camaliot telah dipublikasikan beberapa waktu lalu. Camaliot dapat bekerja untuk mengumpulkan data dari berbagai kondisi cuaca di seluruh dunia.

Selanjutnya, aplikasi ini dapat diunduh oleh pengguna melalui perangkat Android versi 7.0 atau yang lebih baru dengan dukungan navigasi satelit.

Dengan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk pengguna Android ini, pengumpulan data satelit dalam penelitian menjadi upaya masyarakat.

Baca juga: Aplikasi Unfollow Instagram, Solusi Masalah Followers Anda

Peluncuran Aplikasi Camaliot ESA

Camaliot adalah kampanye yang didanai oleh European Space Agency. Dalam proyek pertama ini mereka fokus pada pengguna smartphone di seluruh dunia untuk menjadi bagian dari proyek tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar pengguna smartphone dapat membantu meningkatkan prakiraan cuaca dengan memanfaatkan penerima GPS pada perangkat mobile pengguna.

Berdasarkan FAQ aplikasi, itu akan merekam data seperti kekuatan sinyal hingga jarak antara satelit dan telepon yang terhubung dengannya.

Dalam hal ini, para peneliti percaya bahwa mereka dapat mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kondisi atmosfer. Seperti variasi saturasi kelembaban yang berasal dari sinyal satelit.

Baca juga: Aplikasi OBS Studio Mendukung Live Streaming dengan Hasil Maksimal!

Tujuan Pengembangan Aplikasi Camaliot ESA

Peneliti Camaliot ingin menggunakan data dari aplikasi ini dan menggabungkannya dengan pembelajaran mesin untuk meningkatkan model prakiraan cuaca.

Ini bertujuan untuk melacak perubahan di ionosfer untuk membantu memantau cuaca luar angkasa. Selain itu, peluncuran proyek ini memiliki ambisi yang lebih besar untuk masa depan.

Mungkin suatu hari nanti dapat mengumpulkan informasi sensor dari perangkat yang terhubung ke Internet of Things.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melacak perubahan ionosfer Bumi, yang merupakan bagian atmosfer yang paling dekat dengan luar angkasa.

Kemudian mampu menghasilkan prakiraan ionosfer yang lebih baik dan lebih relevan untuk melacak cuaca luar angkasa.

Pada akhirnya dapat membuat sistem satelit navigasi global (GNSS) lebih akurat dengan memperhitungkan fenomena seperti badai geomagnetik.

Aplikasi ESA Camaliot telah menyediakan daftar lebih dari 50 ponsel baru dengan penerimaan frekuensi ganda dan secara bersamaan dapat menarik dua sinyal GNSS pada frekuensi satelit yang berbeda. Ini termasuk model Google Pixel dan Samsung Galaxy.

Baca juga: Aplikasi Booking Tiket Bioskop Online Terbaik, Gampang Tanpa Antrian!

Cara Menggunakan Aplikasi Camaliot

Adapun cara menggunakan aplikasi ESA Camaliot di perangkat Android antara lain:

  1. Unduh dan instal aplikasi di perangkat Android terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, pilih “Start Recording” dan letakkan ponsel di tempat dengan pemandangan langit yang cerah agar bisa bekerja merekam data.
  3. Selanjutnya, pilih ‘Berhenti Merekam’
  4. Kemudian unggah sesi Anda di server. Kemudian ulangi proses dari waktu ke waktu untuk mengumpulkan lebih banyak data. Selain itu, Anda juga dapat menghapus file log yang disimpan secara lokal di langkah ini.

Untuk pengguna terdaftar, kata sandi, nama pengguna, alamat email, serta nomor pengukuran pengguna akan disimpan dalam database Camaliot.

Namun ini tidak akan berlaku untuk publikasi dan produk pasca-studi sesuai dengan kebijakan privasi Camaliot.

Secara khusus, aplikasi ESA Camaliot menyebutkan bahwa ada kebutuhan data pribadi dalam jumlah besar untuk keperluan pemantauan ilmiah dan lingkungan. (R10/HR-Online)