Aplikasi Google Earth untuk Gambaran Lokasi, Ini Cara Menggunakannya

Aplikasi Google Earth merupakan salah satu pengembangan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk melihat seluruh dunia melalui gambar.

Secara khusus, Google Earth dengan teknologi grafis 3D ini cukup fantastis menggunakan koneksi internet.

Kehadiran Google Earth menunjukkan bagian lain dari pengguna, baik rumah mereka sendiri maupun tujuan yang ingin mereka kunjungi.

Menariknya, pengguna dapat mengubah perspektif peta jika mengubah perspektif menjadi lebih realistis. Seolah semuanya nyata dan sesuai dengan aslinya.

Baca juga: Aplikasi Google Duo Hadir Untuk Melakukan Group Video Call, Begini Caranya!

Cara Menggunakan Aplikasi Android Google Earth

Pada dasarnya Google Earth ini menunjukkan jalan serta nama jalan di setiap lokasi. Selain itu, pengguna dapat menggunakan program untuk memetakan jalan dan merencanakan perjalanan secara akurat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Simak langkah-langkah berikut.

Buka Google Earth

Langkah pertama adalah membuka Google Earth melalui Android. Bagi yang menggunakan komputer bisa login melalui google.com/earth/.

Sedangkan melalui aplikasi, Anda bisa langsung membukanya. Klik browse dan pengguna dapat melihat gambar dunia. Klik atau seret gambar untuk menelusurinya.

Penentuan Lokasi dan Tampilan 3D

Kemudian pengguna mengaktifkan garis grid untuk mengetahui koordinat geografis titik dan perkiraan pengguna di mana pun dia berada.

Mengingat bahwa semua lokasi di Google Earth tidak semuanya ditampilkan dalam gambar 3D, pengguna dapat menampilkannya dengan mengeklik menu dan memilih gaya peta. Setelah itu aktifkan bangunan 3D.

Baca juga: Aplikasi Google Stack Document Scanner Terbaru, Ini Informasinya

Pemuatan Gambar

Hingga akhirnya pengguna melakukan proses loading gambar. Karena Google Earth sendiri membutuhkan proses atau waktu yang cukup lama dalam menampilkan lokasi secara keseluruhan.

Ada cara paling praktis untuk mengetahui berapa banyak gambar yang dapat ditampung oleh aplikasi.

Caranya dengan memilih menu lalu setting dan pilih ukuran cache memori. Cara ini mempercepat proses loading gambar, sehingga aplikasi dapat berfungsi dengan cepat sebagaimana mestinya.

Jika Android Anda mengizinkan, maka pengguna dapat melihat gambar 3D dengan menunjukkan tempat simbolis kota-kota penting.

Dengan aplikasi Google Earth ini, Anda tidak hanya dapat melihat lokasi rumah Anda. Tetapi juga daftar restoran dan tempat-tempat tertentu akan terlihat.

Google Earth adalah aplikasi yang cukup penting yang biasanya dipasang di setiap perangkat. Ini tentu memungkinkan setiap orang untuk bepergian ke belahan dunia lain tanpa harus meninggalkan rumah.

Baca juga: Aplikasi Google Workspace Siap Dukung Aktivitas WFH Selama Pandemi

Setiap orang dapat menjelajahi dunia dengan citra satelit dan medan 3D dari semua bola dunia dan bangunan di seluruh dunia. Sebagai contoh untuk mencobanya, Anda dapat menggunakan Google Earth untuk memperbesar rumah Anda dan melihat perspektif 360 derajat dengan street view.

Jadi pengguna dapat memvisualisasikan peta dan cerita untuk membuatnya lebih nyata melalui ponsel mereka. Aplikasi Google Earth memaksimalkan pengguna dalam mengetahui lokasi secara 3D. (R10/HR-Online)