Aplikasi Haji Pintar Resmi Rilis, Kemenag Permudah Jamaah Daftar Online

Aplikasi Haji Pintar merupakan inovasi mobile dari Kementerian Agama RI untuk memudahkan calon jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji. Launching dari kemenag.go.id, dengan aplikasi ini kita bisa mendaftar secara online.

Yaqut Cholil Qoumas merilis aplikasi tersebut bersamaan dengan pembukaan Rakernas Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah 2022. Pertemuan ini berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat dengan Benar

Inovasi Aplikasi Haji Cerdas Sebagai Bentuk Keseriusan Kemenag

Fasilitas ini merupakan terobosan baru dari Kementerian Agama untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada jemaah haji.

Yaqut mengatakan dia bersyukur dan menghargai bisa meluncurkan pendaftaran haji elektronik. Kini calon jemaah haji bisa mendaftar secara online dengan proses yang mudah, cepat, dan murah.

Ia menegaskan, jemaah haji tidak perlu datang ke kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota. Cukup dengan mengirimkan bukti pendaftaran dalam bentuk elektronik disertai tanda tangan elektronik.

Yaqut sendiri telah meminta Ditjen PHU untuk terus memberikan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi.

Aplikasi Haji Pintar ini merupakan layanan modern yang berbeda sebelum dan sesudah pandemi sebagai bentuk adaptasi terhadap transformasi digital.

Ia juga menambahkan bahwa inovasi ini juga penting untuk terus dikembangkan ke layanan lainnya.

Misalnya tentang pembelajaran ritual di Indonesia yang juga memanfaatkan teknologi digital sehingga jamaah benar-benar merasa berada di Makkah secara virtual. Tentunya fasilitas tersebut dapat membantu jamaah haji bukan secara konvensional.

Baca juga: Aplikasi Kompas Kiblat dan Berbagai Fitur Pelengkap

Layanan Online Terbaik Untuk Jemaat

Yaqut mengaku belum puas dengan aplikasi Haji Cerdas. Salah satu hal yang diusulkan Kementerian Agama adalah pelaksanaan ibadah haji yang ke depan juga perlu menjadi perhatian.

Inovasi ini memang sudah dirintis sejak Prof Nizar Ali menjabat sebagai Dirjen Haji dan Umrah. Kini Prof Hilman Latief sedang merealisasikan desain tersebut.

Dengan sistem ini, WNI yang berada di luar negeri juga dapat melakukan pendaftaran haji dengan mudah.

Menurutnya, saat ini kita sudah memasuki era metaverse, sehingga semuanya bisa berjalan dengan mudah melalui online.

Sekaligus merupakan upaya dan langkah mudah dalam memfasilitasi jemaah untuk mewujudkan tujuan ibadah secara efektif dan bahkan murah. Dengan melakukan registrasi via mobile, jamaah bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Calon jemaah haji dapat mengunjungi kemendag.go.id untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Inovasi aplikasi mobile Haji Pintar ini memiliki banyak fasilitas dan cukup sederhana dalam pengoperasiannya. Pengguna juga dapat dengan mudah menjalankannya untuk mendaftar.

Baca juga: Aplikasi “Umroh Cerdas” Membantu Orang Menghindari Perjalanan Nakal

Demi mewujudkan pelayanan yang praktis dan mudah, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama membuat aplikasi ini lebih cepat.

Calon jemaah haji dapat melakukan konfirmasi pendaftaran haji dan melihat statusnya. Cukup download aplikasi Haji Cerdas, maka jemaah sudah menjadi bagian dari jemaah haji selanjutnya. (R10/HR-Online)