Aplikasi Inventory Management, Fitur Lengkap Permudah Aktivitas Bisnis!

Aplikasi manajemen persediaan sangat diperlukan bagi pelaku usaha skala kecil, menengah dan besar. Ini terutama untuk mendukung penjualan eceran, grosir dan lainnya.

Awalnya, aplikasi ini berfungsi untuk melacak persediaan di gudang, tetapi sekarang fungsinya lebih kompleks.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola persediaan masih menggunakan excel/spreadsheet atau alat manual lainnya.

Dengan sistem manual ini, dalam banyak hal akan membuat proses lebih rumit di masa depan. Sehingga dengan memanfaatkan aplikasi ini, segala aktivitas bisnis akan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Aplikasi Trading Hei5 Diluncurkan, Memudahkan Orang Berinvestasi

Opsi Aplikasi Manajemen Inventaris

Manajemen persediaan merupakan suatu proses pengelolaan persediaan agar lebih efektif.

Selain itu, manajemen persediaan juga menyangkut bagaimana mengelola stok pada waktu, level, tempat, dan biaya yang tepat.

Manajemen persediaan memiliki peran penting dalam mengatur keluar masuknya stok barang. Sehingga persediaan tidak akan terlalu banyak atau terlalu pendek.

Pasalnya, persediaan yang berlebihan akan menyebabkan biaya operasional menjadi lebih tinggi, karena beban biaya penyimpanan atau biaya pinjaman.

Sedangkan jika pasokan berkurang akan menghambat kegiatan produksi yang pada akhirnya akan merugikan konsumen.

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi manajemen persediaan dengan dukungan fitur terbaik, antara lain:

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Flowchart Terbaik, Alur Kerja Desain Lebih Cepat!

Mangkuk ikan

Aplikasi inventaris yang satu ini dapat digunakan oleh pengguna untuk mencatat dan mencatat semua pemasaran produk yang mereka miliki.

Fitur-fitur yang disematkan di dalamnya bisa membuat banyak pebisnis tertarik untuk mencobanya.

Fitur yang tersedia antara lain pencatatan barang, pencatatan barang masuk dan keluar, serta riset produk sendiri.

Dengan adanya fitur research pada aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam bisnis makanan. Hal ini dikarenakan data dari setiap produk yang dijual dapat dilihat apakah bisa laku di pasaran atau tidak.

Faktur

Pilihan aplikasi inventory terbaik selanjutnya adalah Fakurama. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi manajemen persediaan lainnya.

Perbedaan mendasar dari aplikasi ini terletak pada fitur menariknya yaitu adanya invoice dan kwitansi.

Dua fitur tambahan ini menjadi bagian terpenting bagi pengguna untuk menjalankan bisnis.

Hal ini dikarenakan aplikasi sudah menyertakan bukti pembelian barang, tentunya akan sangat membantu dalam pendataan stok barang yang masuk atau keluar.

Baca juga: Aplikasi e-Kinerja hadir untuk mengukur kinerja dan disiplin ASN

Inventaris Arus Masuk

Aplikasi inventory gratis terbaik selanjutnya adalah Inflow Inventory. Aplikasi ini dapat dengan mudah membantu pengguna untuk mengatur ketersediaan produk.

Selain itu, pengguna dapat mengelola dan juga mencari barang, kemudian mencatat pembelian barang. Ia bahkan dapat mencari dan mengelola catatan lengkap terkait penjualan produk.

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil menengah, tentunya sangat cocok menggunakan aplikasi yang satu ini, karena pengaturan kontrolnya yang cukup mudah.

Pengguna aplikasi inventory management juga dapat menginput data dari stok barang yang ada di toko dan semua detail produk tersedia melalui laporan yang ada. (R10/HR-Online)