Aplikasi Pembuat Flowchart Terbaik, Rancang Alur Kerja Lebih Cepat!

Aplikasi pembuat Flowchart hadir dalam berbagai pilihan. Menggunakan aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk merancang alur kerja atau desain proyek dengan lebih mudah.

Sebuah desain yang awalnya terlihat rumit akan lebih mudah dipahami orang lain dengan flowchart ini. Bahkan dengan memanfaatkan aplikasi ini, berbagai pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan.

Baca Juga: Aplikasi Database Android Terbaik, Ini Rekomendasi Pilihannya!

Daftar Aplikasi Pembuat Flowchart Terbaik

Bagi Anda yang ingin membuat proposal atau laporan, data paling mudah disampaikan menggunakan flowchart. Namun, flowchart yang tersedia di Ms Word memiliki desain yang terbatas.

Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan aplikasi pembuat flowchart untuk membuat desain lebih kreatif. Selain itu, proposal yang Anda berikan akan lebih mudah dipahami orang lain. Berikut adalah daftar aplikasi untuk membuat flowchart yang dapat Anda gunakan, antara lain:

Dia Diagram Editor

Salah satu opsi aplikasi untuk membuat flowchart klasik dan dapat digunakan secara gratis. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki antarmuka yang sederhana dengan berbagai fitur yang lengkap. Dengan menggunakan aplikasi pembuat flowchart ini, Anda dapat menambahkan komponen tertentu menggunakan XML atau SVG.

Ada banyak bentuk standar yang tersedia, seperti database, UML, dan sirkuit. Dia Diagram Editor dapat Anda unduh dan instal di komputer dengan OS Linux, Mac atau Windows.

Selanjutnya hasil flowchart yang telah Anda buat dapat diunduh dengan menggunakan format JPG, SVG, PNG, atau GIF. Kemudian, Anda hanya perlu menambahkannya ke laporan atau proposal yang Anda buat.

Baca Juga: Aplikasi Job Fair Berbasis Android, Solusi Kurangi Pengangguran!

Diagram Gliffy

Pilihan aplikasi pembuat flowchart selanjutnya adalah Gliffy Diagram. Hadir dengan basis website, aplikasi ini memiliki antarmuka dan berbagai fitur yang sangat mudah untuk Anda pelajari. Anda dapat langsung mendesain diagram alur, diagram Venn, bagan organisasi, atau lainnya.

Di dalam aplikasi terdapat berbagai macam bentuk dan ikon menarik yang bisa Anda pilih. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai bentuk atau ikon sesuai panel yang tersedia. Tidak hanya itu, fitur grid yang terdapat di dalamnya akan membuat desain flowchart yang Anda buat lebih rapi.

Diagram Gliffy juga terintegrasi dengan Confluence dan Jira. Ini adalah perangkat lunak yang banyak digunakan untuk manajemen bug sehingga pengguna dapat mendesain diagram dengan lebih lancar.

Baca Juga: Aplikasi e-Kinerja Hadir untuk Mengukur Kinerja dan Disiplin ASN

Microsoft Visio

Salah satu software yang dirancang oleh Microsoft untuk membuat flowchart lebih kompleks dan mudah. Banyak sekali mahasiswa teknik yang memanfaatkan aplikasi gratis ini.

Keuntungan yang dapat diperoleh pengguna dengan menggunakan aplikasi Microsoft Visio Flowchart Maker adalah pengguna dapat memanfaatkannya dalam versi web. Sehingga pengguna dapat mengakses pekerjaan secara real time. Selanjutnya, aplikasi ini dapat Anda gunakan dengan browser web apa pun. (R10/HR-Online)