Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Hadir dengan Banyak Kelebihan

Aplikasi penerjemah bahasa isyarat ini hadir untuk membantu dalam berkomunikasi antara mereka yang tuli dan mereka yang dapat berbicara.

Sehingga dengan adanya aplikasi ini juga memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang dapat berbicara secara normal.

Seperti yang kita ketahui, penting juga bagi penyandang tunarungu dan bisu untuk mendapat perhatian. Biasanya orang-orang ini hanya bisa berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Sayangnya tidak semua orang bisa mengetahui bahasa isyarat. Jadi aplikasi ini sangat membantu.

Baca juga: Aplikasi Edit Ejaan Sipebi Bahasa Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Kini Hadir Untuk Memudahkan Semua Orang

Hanya ada beberapa JBI atau Penerjemah Bahasa Isyarat di Indonesia. Keterbatasan ini membuat kita sulit berkomunikasi dengan tunarungu.

Jadi mau tidak mau, agar kita bisa berkomunikasi dengan mereka, kita harus memahaminya dengan belajar secara otodidak. Tapi jangan khawatir, karena belajar bahasa isyarat sendiri juga tidak sulit.

Hal ini dikarenakan sudah banyak aplikasi di Play Store yang memudahkan kita dalam mempelajari bahasa tersebut.

Sehingga aplikasi akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan mereka yang bisu dan tuli.

Baca juga: Aplikasi Halo Language Hadir Dengan Banyak Fitur Unggulan

HubungkanMendengar

Aplikasi penerjemah bahasa isyarat Connecter ada di sini dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan orang tuli dan bisu.

Jadi aplikasi ini dikembangkan di Pakistan oleh seorang wanita bernama Alisha Ahmed yang juga lahir dari pasangan tunarungu.

Nah, aplikasi ini akan terhubung dengan call center yang stafnya juga penerjemah bahasa isyarat.

Melalui video call, seorang tunarungu bisa menyampaikan apa saja dan kemudian langsung menerjemahkannya ke orang normal.

Baca juga: Aplikasi Bahasa Arab Terbaik Untuk Android, Dapat Digunakan Secara Offline

Siapa Alisha Ahmad?

ALisha Ahmed sendiri adalah mahasiswa desain interior yang bercita-cita membuka usaha sendiri. Bahkan, ia juga rutin mengunjungi sejumlah toko dekorasi rumah di Karachi untuk melihat tren dan desain terbaru.

Alisha, yang tunarungu, mengatakan bahwa kualitas hidupnya terus meningkat sejak dia menggunakan aplikasi tersebut. Dia bahkan tidak harus bergantung pada teman-temannya untuk berkomunikasi.

Menurut hasil analisis data, sudah banyak yang mengunduhnya di 106 negara di dunia. Bahkan, aplikasi ini juga selalu menerima ribuan panggilan video setiap bulannya dan 70% dari Pakistan.

10% lainnya berasal dari India dan sisanya dari seluruh dunia. Tentu saja, aplikasi ini hanya akan tersedia selama jam kerja.

Tetapi tim penerjemah akan bekerja sepanjang hari dan setidaknya ada 4 hingga 5 penerjemah per rotasi pekerjaan dalam sehari.

Aplikasi penerjemah bahasa isyarat ConnetcHear sebenarnya telah diluncurkan sejak Juli 2021. Ini juga merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membantu berkomunikasi antara orang normal dan orang cacat. (R10/HR-Online)