Aplikasi Safe Exam Browser di Android untuk Pelaksanaan Ujian

Aplikasi Browser Ujian Aman merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Assessment and Learning Center. Berguna bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian atau penilaian Nasional.

Di sisi lain berfungsi untuk mengefisienkan dan mengamankan proses ujian dan mendukung berbagai LMS baik OpenOLAT maupun Moodle.

Fitur ini merupakan aplikasi Android yang dapat mengurangi kecurangan siswa. Dengan aplikasi ini, siswa tidak dapat mengakses aplikasi lain atau tidak dapat melakukannya tangkapan layar selama ujian.

Bagaimana tidak, siswa terlebih dahulu harus keluar dari browser ujian jika ingin membuka aplikasi lain. Tentu siswa akan kesulitan.

Baca juga: Aplikasi Ujian Online Terbaik Yang Memudahkan Siswa dan Guru

Penggunaan Aplikasi Browser Ujian Aman di Android

Pada dasarnya penggunaan Safe Exam Browser hanya pada saat ujian dan kuis. Sehingga peserta harus menginstallnya dan menggunakan aplikasi tersebut.

Cara menggunakannya adalah dengan mengatur lingkungan ujian sehingga peserta hanya dapat mengakses aplikasi, soal ujian, dan sumber daya tertentu yang diizinkan.

Safe Exam Browser memiliki keunggulan tampilan yang bagus dan mudah dipahami. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir mengalami kesulitan saat pertama kali menggunakannya.

Dengan fitur ini pengguna tidak dapat meminimalkan aplikasi. Selain itu, pengguna tidak dapat mengakses halaman ujian melalui url atau IP. Jika pengguna putus asa untuk meminimalkan aplikasi, maka risikonya dimulai dari awal.

Baca juga: Aplikasi E Avis Menyederhanakan Tes Teori Pembuatan SIM Online

Cara Menggunakan Browser Ujian Aman

Untuk menggunakan aplikasi Safe Exam Browser Android bisa dengan mudah asalkan mengikuti panduannya dengan benar. Yang pertama adalah mendaftarkan akun secara gratis.

Kemudian unduh aplikasi melalui tombol di panduan. Sekarang, siapa pun dapat mengunduhnya melalui Play Store. Ada banyak sekali aplikasi browser ujian yang bisa membantu dalam mengatasi menyontek.

Pihak sekolah sendiri dapat mengaktifkan fitur browser ujian dengan akun sekolah dan siswa hanya dapat login melalui aplikasi Android Safe Exam Browser.

Sekolah dapat menyalakan dan mematikannya selama ujian. Yang paling penting adalah memastikan unduhan aplikasi.

Selama ujian dapat menjalankan Zoom dan terhubung dengan masing-masing kelas. Kemudian buka file konfigurasi yang diberikan dengan memasukkan kata sandi.

Aplikasi ini merupakan satu-satunya perangkat yang hanya digunakan klien untuk membantu mengakses ujian berbasis online.

Safe Exam Browser membantu dalam mengakses web dan menampilkannya dalam layar penuh. Pada saat yang sama terkunci, sehingga siswa tidak dapat menemukan jawaban melalui situs lain.

Baca juga: Aplikasi Job Fair Berbasis Android, Solusi Kurangi Pengangguran!

Pengajar dapat membagikan file konfigurasi untuk siswa yang sudah terhubung dengan Google Meet atau Zoom. Selain itu, siswa harus menjalankan file konfigurasi bersama dengan Safe Exam Browser.

Menariknya, aplikasi ini tidak memiliki banyak alternatif. Alternatifnya adalah Google Chrome. Meskipun menyimpan kata sandi dan mencatat riwayat penjelajahan Google Chrome kurang aman. Tetapi memuat lebih cepat dan terintegrasi dengan Zoom, membuatnya kompetitif dengan Aplikasi Browser Ujian Aman. (R10/HR-Online)