Aplikasi Sehat IndonesiaKu Hadir, Monitor Imunisasi Anak Secara Digital!

Aplikasi IndonesiaKu Sehat atau disingkat ASIK resmi diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI. ASIK merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk tenaga kesehatan di posyandu, posbindu, dan layanan kesehatan unggulan lainnya.

Dengan kata lain, hadirnya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi tenaga kesehatan untuk pelayanan primer saat melakukan pencatatan data.

Selain itu juga untuk memantau kondisi pasien, agar warga negara Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Baca juga: Aplikasi Story Teller Siswa SMPN 6 Padang Panjang, Ini Terinspirasi

Mengenal Aplikasi IndonesiaKu Sehat (ASIK)

Pada 18 Mei 2022, Kementerian Kesehatan RI melalui Kantor Transformasi Digital menggelar peluncuran dan uji coba ASIK. Ini adalah singkatan dari Aplikasi Sehat IndonesiaKu.

Peluncuran tersebut bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BINA) 2022.

Tujuan dari hadirnya aplikasi ini adalah sebagai upaya peningkatan atau transformasi pelayanan kesehatan dalam upaya membantu petugas kesehatan dalam pencatatan imunisasi anak di Indonesia secara digital.

Namun, meskipun berbasis digital, pengguna dapat mengakses aplikasi ini secara offline.

Hal ini tentunya akan sangat memudahkan para tenaga kesehatan di daerah 3T (Depan, Terpencil, dan Tertinggal) dalam melakukan pencatatan atau pendataan.

Baca juga: Aplikasi Allo Aps Resmi Diluncurkan, Hadirkan Berbagai Fungsi Menarik!

ASIK Pantau Imunisasi Anak

ASIK baru saja diluncurkan dan hanya perawat tertentu yang memanfaatkannya.

Bagi anda yang berkecimpung di bidang medis khususnya yang memberikan imunisasi kepada anak-anak di pedesaan dan perkotaan akan sangat terbantu berkat Aplikasi IndonesiaKu Sehat.

Bagi balita dan anak yang sudah mendapatkan imunisasi, maka datanya kemudian akan dicatat dan diinput menggunakan aplikasi ini. Data yang dimasukkan juga harus benar dan sesuai dengan NIK anak.

Petugas kesehatan dapat menunjukkan setiap anak yang telah melalui proses imunisasi melalui ASIK. Misalnya anak A yang sudah mendapat imunisasi Rubella, anak B yang sudah mendapat imunisasi Tetanus dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan ASIK, semuanya bisa terpantau dengan lebih efektif.

Baca juga: Aplikasi Seluler MIS Siap Mendukung Kepentingan Iptek

Cara Mendaftar Akun ASIK

Bagi Anda tenaga kesehatan yang ingin mendaftar akun di ASIK, berikut langkah-langkah mudah membuat akun di aplikasi tersebut, antara lain:

  1. Langkah pertama silahkan buka Google Play Store.
  2. Unduh dan instal Sehat Indonesiaku.
  3. Kemudian buka aplikasi IndonesiaKu Sehat.
  4. Pilih menu Daftar untuk mendaftar akun Sehat Indonesia saya
  5. Langkah Anda selanjutnya adalah memilih profesi Anda di bidang kesehatan (bidan, dokter, perawat, atau lainnya).
  6. Selanjutnya Anda diminta untuk memilih profesi lanjutan yang dapat Anda pilih sesuai dengan posisi Anda.
  7. Cara daftar akun ASIK selanjutnya silahkan isi data dengan benar dan daerah tempat anda bekerja. Kemudian klik Berikutnya.
  8. Aplikasi juga akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS, masukkan kode tersebut dan pilih Continue.
  9. Akun telah berhasil dibuat.

Selanjutnya, Aplikasi IndonesiaKu Kesehatan akan hadir di seluruh Puskesmas dan Dinas Kesehatan di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar data tersebut juga akan dikirimkan ke Dinas Kesehatan. (R10/HR-Online)