Aplikasi Silabfor Presisi Resmi Diluncurkan oleh Polda Sumut, Simak!

Aplikasi Silabfor Precision resmi dirilis dan memudahkan penyidik ​​atau pemeriksa dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kapolda Sumut yaitu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Ia mengungkapkan, Laboratorium Forensik merupakan unit kerja yang mendukung hukum acara pidana atau peradilan militer. Karena hasil labfor bisa dijadikan dasar untuk proses hukum ke militer.

Baca juga: Aplikasi Kasir Online Nutapos untuk UMKM Kuliner, Ini Kelebihannya!

Aplikasi Precision Silabfor Akhirnya Resmi Dirilis dan Banyak Manfaatnya

Terakhir, Panca Putra S, M.Si selaku Kapolres Sumut membuka kegiatan Coaching Clinic dan meluncurkan aplikasi terbaru. Kegiatan tersebut ia lakukan di Aula Catur Prasetya Polda Sumut pada Selasa 14 Juni 2022 kemarin.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Labfor yaitu Kombes Pol Teguh Yuswardhie dan juga jajaran Bid Labfor dari Polda Sumut.

Kemudian juga ada Pejabat Utama dari Polda Sumut, POM TNI, Kabid Reskrim dan Kasat Narkoba, hingga perwakilan BNNP dan juga BPOM.

Kapolres Sumut juga menyampaikan tentang kegiatan Coaching Clinic tersebut. Tujuannya agar para peserta dapat memahami dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Aplikasi Terus terang Datang untuk Melayani Pengaduan Masyarakat Batanghari

Laboratorium Forensik

Peluncuran aplikasi Silabfor Precision telah berhasil dirilis. Sedangkan Laboratorium Forensik sendiri merupakan unit kerja penunjang hukum pidana atau peradilan militer.

Sebab, hasil kerja laboratorium tersebut dapat dijadikan dasar proses Pengadilan Pidana hingga hukum militer sesuai dengan Pasal 1 ayat 2 dan untuk memperjelas suatu tindak pidana.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumut juga tak lupa menyampaikan tentang kegiatan Coaching Clinic tersebut.

Tujuannya agar seluruh peserta dapat lebih memahami dan mampu memecahkan sendiri perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Khususnya bagi penyidik ​​atau pemeriksa dalam melaksanakan tugas penyidikan. Bahkan laboratorium forensik ini juga telah diakui dalam KUHAP.

Baca juga: Aplikasi TeleJemaah Kemenkes Bantu Pantau JCH Indonesia, Ini Fiturnya!

Tugas dan Fungsi Utama

Dalam menjalankan tugas Polda Sumut, Labfor Lelang juga memiliki 6 tugas pokok dan fungsi. Mulai dari teknis pemeriksaan TKP hingga pemeriksaan laboratorium terhadap barang bukti.

Selanjutnya pengembangan dan pengembangan sumber daya manusia hingga pengembangan aplikasi ilmu forensik. Kemudian bimbingan teknis fungsi laboratorium, pelayanan publik, dan fungsi laboratorium kepada seluruh masyarakat.

Sebagai orang nomor satu di Polda Sumut, Panca mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut atas Labfor. Karena yang telah meluncurkan aplikasi ini.

Kedepannya diharapkan dapat lebih bermanfaat dan mempermudah segala tugas yang berkaitan dengan penyidik ​​dan pemeriksaan. Hal ini untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat.

Hadirnya aplikasi Precision Silabfor ini tentunya akan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan memiliki manfaat yang berkelanjutan. Bukan hanya itu, tetapi juga memudahkan pihak berwenang untuk menangani suatu masalah. (R10/HR-Online)