Aplikasi Switch to Android Milik Google Telah Diluncurkan, Ini Fungsinya!

Aplikasi Switch to Android merupakan aplikasi milik Google yang telah resmi dirilis untuk pengguna iOS. Google resmi meluncurkan aplikasi terbarunya ini ke publik pada Senin, 18 April 2022 silam.

Aplikasi ini dibuat oleh Google dengan tujuan untuk memindahkan data pengguna dari perangkat iPhone ke Android. Google sebenarnya sudah mengembangkan aplikasi ini sejak tahun lalu.

Google mengatakan bahwa 100 persen pengguna iOS akan dapat menerima peluncuran aplikasi ini selama beberapa minggu ke depan.

Sebelum aplikasi ini tersedia, pengguna iOS harus menggunakan aplikasi Google Drive versi iOS sebelum memindahkan data dari iPhone ke Android.

Dengan aplikasi baru ini, proses transfer data dari iPhone ke Android bisa berjalan lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Aplikasi Allo Aps Resmi Diluncurkan, Hadirkan Berbagai Fungsi Menarik!

Beralih ke Fungsi Aplikasi Android

Beralih fungsi Android untuk melakukan transfer berbagai macam data. Mulai dari box, foto, video, hingga kalender dari iPhone hingga ponsel Android.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu koneksi ke iCloud untuk proses pemindahan library foto dan video ke Android.

Bahkan, Google juga menawarkan cara menghubungkan perangkat untuk mentransfer data seperti wallpaper, alarm, musik, audio, log panggilan, hingga pengaturan perangkat.

Google telah berencana meluncurkan aplikasi untuk memindahkan data ini sejak tahun lalu.

Sebelumnya, Google juga telah memberikan instruksi terkait kemampuan mentransfer data dari komputasi ke penyimpanan lain. Antara lain dari Facebook dan iCloud hingga Google Foto.

Baca juga: Aplikasi Google Earth untuk Ikhtisar Lokasi, Begini Cara Menggunakannya

Tidak hanya berfungsi untuk memindahkan data, aplikasi Switch to Android juga memiliki fungsi lain.

Termasuk cara unregister iMessage agar pengguna selalu bisa menerima SMS di perangkat Android yang digunakannya.

Bahkan Google juga memastikan dalam beberapa bulan ke depan aplikasi akan menghadirkan lebih banyak tipe data.

Perlu Anda ketahui, ternyata aplikasi Switch to Android tidak bisa digunakan untuk mentransfer aplikasi dari iPhone ke Android.

Ini mungkin karena keterbatasan aplikasi pihak ketiga yang dapat diakses pengguna di perangkat mereka.

Kabarnya, beberapa negara sudah memiliki aplikasi ini, termasuk Amerika Serikat.

Baca juga: Cara Masuk Deep Web di Android dengan Mudah, Aman Melalui Aplikasi

Cara Menggunakan Beralih ke Aplikasi Android

Anda dapat menggunakan Beralih ke Android di perangkat iPhone setelah Anda terlebih dahulu mengunduh tautan yang disediakan secara langsung.

Setelah pengguna mengunduhnya, terlebih dahulu aplikasi ini akan meminta izin agar data di iPhone Anda dapat ditransfer ke perangkat Android Anda.

Jadi, pengguna iPhone hanya perlu memindai kode QR yang ada di perangkat Android baru. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memilih data yang ingin Anda pindahkan.

Perlu Anda ketahui, pengguna harus menonaktifkan terlebih dahulu aplikasi iMessage atau pesan instan bawaan dari iPhone.

Hanya dengan aplikasi Switch to Android, Anda dapat mentransfer data tanpa harus menggunakan kabel data yang terhubung antara iPhone ke Android. (R10/HR-Online)