Aplikasi TeleJemaah Kemenkes Bantu Pantau JCH Indonesia, Ini Fiturnya!

Aplikasi TeleJemaah Kemenkes hadir untuk memudahkan petugas kesehatan memantau kondisi kesehatan jemaah haji yang rentan dan berisiko tinggi. Jadi aplikasi ini khusus diterapkan pada jemaah haji yang berisiko tinggi.

Kementerian Kesehatan melalui Puskesmas Haji telah membuat aplikasi yang mengusung nama TeleJemaah Puskeshaji. Aplikasi ini akan digunakan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2022.

Baca Juga: Aplikasi Wedding Planner Terbaik, Siap Wujudkan Pernikahan Impian Anda!

Aplikasi TeleJemaah Kementerian Kesehatan untuk Jamaah Haji Risiko Tinggi

Pada musim haji 2022 ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melepas sebanyak 776 PPIH atau Petugas Pelaksana Haji ke tanah suci. Dalam hal ini, Sekjen Kunta Wibawa menjelaskan, untuk memberikan kemudahan pengawasan terhadap jemaah, Kemenkes menghadirkan aplikasi TeleJemaah.

Lebih lanjut, Kunta Wibawa memastikan selama ibadah haji 2022, tenaga kesehatan haji siap memberikan pendampingan dan pemantauan jemaah haji. Terutama bagi kelompok rentan jemaah haji. Seperti orang tua dan orang dengan penyakit penyerta.

Lebih lanjut Kunta mengatakan, haji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengingat ibadah haji tahun 2022 akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Selain manfaat aplikasi TeleJemaah dari Kemenkes bagi jemaah haji yang berisiko tinggi, Kunta mengingatkan para tenaga kesehatan haji khususnya calon jemaah haji untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan 5M. Selain itu, mereka juga melakukan vaksinasi dosis penuh untuk Covid-19 termasuk vaksin booster dan meningitis.

Baca Juga: Cara Menerjemahkan Manga di Android dengan Bantuan Aplikasi Terbaik

Fitur Aplikasi TeleCongregation

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Puskesmas, Budi Sylvana, fitur dari aplikasi TeleJemaah terdiri dari penginputan data kesehatan ke galeri dan artikel.

Tujuan dari berbagai fitur tersebut adalah sebagai media pendidikan elektronik berupa aplikasi berbasis Android. Aplikasi TeleJemaah saat ini telah tersedia di PlayStore dan pengguna dapat mengunduhnya secara gratis.

Pada menu aplikasi terdapat input data kesehatan yang terdiri dari gula darah, saturasi oksigen, suhu tubuh, tekanan darah hingga keluhan.

Selanjutnya menu-menu yang ada di dalam aplikasi dapat digunakan oleh jamaah haji. Selanjutnya jemaah juga bisa meminta bantuan tenaga kesehatan jika membutuhkan.

Baca Juga: Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik, Solusi Wujudkan Rumah Impian Anda!

Selain itu, aplikasi TeleJemaah Kemenkes juga memuat informasi vaksinasi. Ini adalah data vaksinasi yang sudah dilakukan jemaah di wilayahnya masing-masing.

Data diperoleh dari input Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohatkes) Bidang Kesehatan. Berapa banyak, data yang sudah ada di TeleJemaah tidak bisa diubah karena sudah diinput ke Siskohatkes.

Secara keseluruhan, ada 12 item yang tercantum dalam menu Aplikasi TeleJemaah Kemenkes yang bisa digunakan jemaah haji. Selain itu, aplikasi ini juga disambungkan dengan gelang yang terpasang di pergelangan tangan jemaah. Gelang itu berbentuk seperti jam tangan pintar dan terhubung dengan aplikasi TeleJemaah di smartphone jemaah. Di gelang ini terdapat data kondisi kesehatan jemaah haji yang berasal dari infra merah. (R10/HR-Online)