Aplikasi Terus Terang Hadir Layani Pengaduan Masyarakat Batanghari

Aplikasi Frank hadir sebagai layanan pengaduan masyarakat khususnya di lingkup Kabupaten Batanghari secara online.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melaporkan tentang penerangan jalan, lokasi lubang, hingga kebersihan lingkungan.

Masyarakat menyampaikan laporan tersebut kepada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari. Dengan laporan dari masyarakat sesuai dengan apa yang mereka sampaikan melalui aplikasi pengaduan.

Baca juga: Aplikasi Woobiz Mobile Partner Memberikan Peluang Bisnis Menarik, Check It Out!

Mengenal apa itu aplikasi terus terang

Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batanghari telah berhasil meluncurkan aplikasi sebagai sarana pengaduan masyarakat yaitu secara online. Bantuan tersebut berupa pengaduan masyarakat yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Kemudian pengadaan aplikasi ini mengusung nama aplikasi “Terus Terang”, bertujuan sebagai sarana atau pelayanan pengaduan masyarakat Kabupaten Batanghari terkait berbagai fasilitas umum.

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa hal yang bisa dilaporkan masyarakat antara lain kebersihan lingkungan, penerangan jalan, dan lokasi lubang.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batanghari telah membuat program bernama Swakelola, khusus untuk pemeliharaan jalan.

Program ini ada untuk mengantisipasi penanganan jalan yang tidak masuk anggaran, tetapi memerlukan penanganan. Program Swakelola ini khusus untuk status jalan yang termasuk dalam SK Nomor 3003.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Batanghari mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,8 miliar untuk program ini.

Melalui aplikasi Terus terang, masyarakat Batanghari kini tak perlu lagi ragu untuk melaporkan kondisi jalan yang rusak di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Aplikasi Inventory Management, Fitur Lengkap Permudah Aktivitas Bisnis!

Cara Kerja Aplikasi

Melalui aplikasi Frank, Pemkab Batanghari akan mendapatkan laporan dari masyarakat terkait berbagai permasalahan yang terjadi pada fasilitas umum yang ada.

Laporan harus mencakup dokumentasi dan lokasi yang jelas. Setiap laporan akan diterima oleh masing-masing admin.

Setiap OPD memiliki admin tersendiri pada aplikasi ini. Selanjutnya akan ada tim yang akan mengecek lokasi sesuai laporan.

Tim yang turun ke lokasi akan mengumpulkan data, mengukur, dan mengecek kelengkapan data. Kemudian akan dilanjutkan dengan perbaikan.

Melalui aplikasi Terus terang, masyarakat tidak perlu repot untuk menyampaikan pengaduan kepada Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Selain menunggu laporan dari masyarakat, Dinas PUPR juga akan menjemput bola saat melihat jalan yang rusak dan membutuhkan penanganan.

Aplikasi ini telah melalui proses pengenalan untuk setiap OPD sejak awal tahun 2022. Selanjutnya, aplikasi ini sudah stabil digunakan masyarakat sejak April untuk pengelolaan setiap OPD.

Baca juga: Aplikasi Social Pedia Discs Anak Bangsa, Diluncurkan di Metaverse!

Diharapkan dengan hadirnya aplikasi Frank akan mempermudah penanganan berbagai fasilitas umum terkait penanganan dengan lebih cepat.

Dengan demikian, masyarakat bisa langsung membantu bersinergi dengan pemerintah Batanghari untuk menetralisir permasalahan di daerah masing-masing. (R10/HR-Online)