Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android dengan Mudah

Cara mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android bisa Anda lakukan dengan mudah. Dengan begitu, pesan yang bersifat rahasia di dalam aplikasi tidak akan terbaca oleh orang.

Sejauh ini, WhatsApp masih menjadi aplikasi pesan instan favorit bagi pengguna iPhone dan Android. Karena itulah banyak pesan rahasia yang masuk melalui aplikasi ini.

Namun sayangnya, ada sejumlah orang yang terkadang tidak memahami batasan privasi seseorang dari obrolan yang terdapat di aplikasi WhatsApp. Jadi ikutilah isi percakapan orang lain.

Namun jangan khawatir, karena WhatsApp memiliki banyak fitur yang dapat menunjang kebutuhan penggunanya, baik dari segi kenyamanan maupun privasi. Salah satunya adalah fitur khusus untuk mengunci WhatsApp.

Dengan fitur ini kamu bisa menjaga isi chat WhatsApp lebih aman. Karena aplikasi WhatsApp hanya bisa dibuka saat memasukkan PIN atau password yang sudah Anda buat.

Baca juga: Cara Membuka File EXE di Hp Android Dengan Bantuan Aplikasi aFreeBox

Berikut beberapa cara mengunci aplikasi WhatsApp yang bisa Anda lakukan dengan mudah di perangkat iPhone dan Android.

3 Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android

Gunakan PIN

Untuk mengunci WhatsApp menggunakan PIN, pertama buka aplikasi WhatsApp, lalu klik tiga titik vertikal di sebelah kanan.

Setelah itu, pilih ‘Setting’ atau ‘Settings’, lalu pilih ‘Account’ atau ‘Account’, pilih ‘Privacy’ atau ‘Privacy’, dan pilih ‘PIN’. Baru kemudian masukkan PIN sesuai keinginan.

Gunakan Sidik Jari

Cara mengunci aplikasi WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan Fingerprint. Namun sebelum itu, update terlebih dahulu WhatsApp di perangkat iPhone atau Android Anda ke versi terbaru.

Baca juga: Cara Mengatur Shutter Speed ​​di Hp Android Lengkap Dengan Fungsinya

Untuk mulai mengunci aplikasi perpesanan ini, pertama buka menu Setting di WhatsApp. Setelah itu, pilih menu ‘Privacy’, lalu scroll ke bawah hingga menemukan tulisan ‘Fingerprint Lock’.

Selanjutnya, geser sakelar yang bertuliskan ‘Buka Kunci dengan Sidik Jari’, lalu klik ‘Setel’. Kemudian, Anda dapat memilih jenis kunci yang Anda inginkan, termasuk PIN, pola, atau sidik jari.

Kemudian, pilih waktu penguncian aplikasi WhatsApp, apakah mau 1 menit setelah WhatsApp tidak aktif, atau 15 menit. Anda bahkan dapat memilih yang 1 jam.

Gunakan Touch atau Face ID (Pengguna iPhone)

Baca juga: Cara Menghapus Smartphonelog di HP Android, Sangat Mudah!

Cara terakhir untuk mengunci aplikasi WhatsApp adalah dengan menggunakan ‘Touch’ untuk pengguna Android, atau ‘Face ID’ untuk pengguna iPhone.

Untuk melakukannya, pertama masuk ke menu ‘Privacy’, lalu scroll ke bawah hingga menemukan tulisan ‘Screen Lock’.

Jangan lupa untuk mengaktifkan sakelar untuk ‘Memerlukan ID Sentuh/ID Wajah’. Kemudian pilih waktu penguncian, bisa 1 menit, atau 15 menit.

Bahkan di setting whatsapp ini bisa sampai 1 jam atau setelah aplikasi whatsapp tidak aktif lagi, dan selesai.

Itulah 3 cara mudah mengunci aplikasi WhatsApp untuk pengguna HP iPhone dan Android. (R3/HR-Online/Editor-Eva)