Fitur Archive Whatsapp, Solusi Tolak Pesan Tanpa Blokir Kontak!

Fitur arsip WhatsApp dapat memberikan manfaat privasi terkait pesan yang diterima penggunanya. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat seolah-olah seseorang tidak dapat mengirim pesan kepada kami tanpa harus repot memblokirnya

Melalui fitur arsip atau dengan kata lain fitur arsip pesan ini, Anda dapat mengarsipkan ruang obrolan yang menurut Anda mengganggu. Fitur ini dapat memudahkan untuk menyembunyikan obrolan individu atau grup dari daftar obrolan.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Reactions Diluncurkan, Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Cara Menggunakan Fitur Arsip WhatsApp

Perkembangan teknologi sepertinya terus ditampilkan oleh aplikasi pesan singkat WhatsApp. Saat ini aplikasi telah memperbarui atau meningkatkan fitur untuk obrolan Arsip untuk penggunanya.

Dengan pembaruan ini, fitur ini dapat membantu Anda menyembunyikan pesan yang Anda rasa mengganggu atau kurang penting.

Pembaruan terbaru pada fitur arsip WhatsApp bertujuan untuk memberi pengguna kontrol lebih besar atas obrolan di kotak masuk. Sehingga pengguna bisa lebih fokus pada pesan atau chat yang lebih penting.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Multi Device Akan Segera Dirilis, 1 Akun 4 Perangkat

Cara Kerja Fitur Arsip Obrolan

Sebelum fitur ini diluncurkan, chat yang telah diarsipkan oleh pengguna akan kembali ke inbox utama jika ada pesan baru yang masuk ke chat room. Dengan demikian, pengguna harus menyembunyikannya lagi agar tidak terlihat lagi.

Obrolan yang telah Anda arsipkan akan tetap berada di folder Diarsipkan bahkan setelah menerima pesan baru. Fitur Arsip WhatsApp akan menyembunyikan obrolan yang diarsipkan secara permanen.

Kecuali jika Anda ingin memasukkannya kembali secara manual ke kotak masuk utama. Selain disembunyikan, Anda juga tidak lagi menerima notifikasi yang biasanya muncul di ruang obrolan arsip. Ini kecuali jika pengguna menyebutkan atau pesan mereka mendapat balasan di grup.

Baca Juga: Fitur Foto Blur WhatsApp Sebelum Dikirim Sedang Dalam Tahap Uji Coba Beta

Cara Menggunakan Fitur Obrolan yang Diarsipkan

Berikut cara menggunakan fitur archive chat di aplikasi whatsapp, diantaranya:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda, lalu tap dan tahan chat yang ingin diarsipkan
  • Langkah selanjutnya tap Archive dengan kotak panah yang terletak di kanan atas aplikasi WA
  • Maka obrolan Anda bisa langsung tersimpan di folder Archived secara permanen. Jadi aplikasi tidak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan masuk. Jika Anda ingin mengakses chat yang telah Anda arsipkan, maka silahkan buka folder Archived di bagian atas aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, jika Anda menghapus obrolan dari folder Diarsipkan dan mengembalikannya ke kotak masuk utama, maka Anda dapat membuka folder Diarsipkan. Lalu tap chat yang ingin di restore, lalu tap icon Archive di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, jika pesan yang telah Anda arsipkan dapat kembali ke inbox utama setelah Anda menerima pesan tersebut, maka Anda dapat membuka menu di pengaturan WhatsApp. Kemudian pilih Obrolan, dan matikan sakelar ‘Simpan obrolan diarsipkan’.

Dengan menggunakan fitur arsip WhatsApp, memungkinkan Anda untuk menghindari berbagai obrolan yang mungkin membuat Anda tidak nyaman. Anda juga tidak perlu memblokir kontak yang dimaksud. (R10/HR-Online)