Fitur Arsip Aplikasi Google Diperkenalkan, Jadikan Memori Lebih Lapang!

Fitur arsip aplikasi Google tentu dapat menghemat penyimpanan di ponsel Anda. Google kini telah memperkenalkan layanan baru yang dapat melakukan pengarsipan aplikasi. Fitur ini akan hadir di perangkat Android untuk beberapa waktu ke depan.

Meskipun vendor menyediakan smartphone dan tablet dengan lebih banyak penyimpanan, pembaruan aplikasi yang tidak perlu dapat membuat ruang penyimpanan penuh.

Oleh karena itu, Google pun berinisiatif menghadirkan fitur baru yang dapat berguna untuk pengarsipan aplikasi.

Baca juga: Aplikasi Google Stack Document Scanner Terbaru, Ini Informasinya

Kenali Fitur Arsip Aplikasi Google, Segera Hadir!

Berdasarkan informasi terbaru, Google saat ini sedang mengerjakan alat yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tertentu. Ini bertujuan untuk membantu mengosongkan ruang pada perangkat HP.

Dalam posting blog Google menjelaskan bahwa melalui fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

Selain itu, fitur arsip aplikasi Google ini juga dapat berfungsi untuk mengecilkan aplikasi hingga 60% tanpa menghapus aplikasi seluruhnya.

Menurut penjelasan Google, cara ini bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengosongkan memori penyimpanan smartphone khususnya Android yang sudah penuh.

Baca juga: Aplikasi Google Meet Hadirkan Fitur Baru

Manfaat Fitur Aplikasi Arsip Google

Dengan hadirnya fitur baru ini, setidaknya smartphone akan mendapatkan kembali 60% dari total memori yang digunakan oleh sebuah aplikasi.

Hal ini dikarenakan dengan mengarsipkan suatu aplikasi, maka Google hanya menghapus sebagian dari aplikasi tersebut dan tidak menghapus secara keseluruhan.

Singkatnya, pengarsipan adalah fungsi baru yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali 60% dari memori, karena fitur ini akan menghapus sebagian dari aplikasi dan tidak menghapusnya sepenuhnya.

Saat aplikasi melewati proses pengarsipan, ikon aplikasi akan tetap ada. Selanjutnya, bagi pengguna yang ingin mengaktifkan aplikasi tersebut, cukup tap ikon tersebut untuk dapat mengunduh sisi data agar berfungsi kembali.

Dengan memanfaatkan fitur arsip aplikasi Google, aplikasi yang telah diarsipkan pengguna akan tetap berada di perangkat dan pengguna dapat dengan mudah kembali ke versi kompatibel terbaru yang tersedia. Itu juga dapat melindungi data pengguna.

Bahkan jika pengguna membuka ritsletingnya saat berada di arsip, maka data tidak akan digunakan. metode memulihkan programnya cukup sederhana, pengguna hanya perlu mengetuk dan program akan mengunduh data secara langsung.

Baca juga: Aplikasi Google Duo Hadir untuk Lakukan Group Video Call, Begini Caranya!

Jika sebelumnya pengguna mencopot pemasangan aplikasi dengan tujuan mengosongkan ruang, maka memanfaatkan fitur Google terbaru ini akan mencegah pencopotan aplikasi yang tidak perlu dan membantu pengguna mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan dari perangkat yang mereka gunakan.

Kami belum bisa memastikan kapan fitur arsip aplikasi Google akan dirilis secara resmi. Semoga fitur baru ini bisa digunakan oleh pengguna Android dalam waktu dekat. (R10/HR-Online)