Fitur Parental Supervision Instagram Terbaru, Pengawasan Versi Mobile

Fitur Pengawasan Orang Tua Instagram baru saja dirilis untuk pengguna. Meta telah resmi mengumumkan fitur baru ini bagi orang tua untuk memantau aktivitas anaknya di platform Instagram.

Inovasi terbaru ini harus diketahui oleh orang tua sebagai cara praktis untuk memantau atau membatasi penggunaan Instagram oleh anak. Untuk mengetahuinya secara lengkap, orang tua bisa menyimak fungsi dari alat ini.

Baca juga: Instagram dan Facebook Buat TikTok untuk Mempromosikan Reel

Fungsi Pengawasan Orang Tua Instagram Baru

Menjadi alat dalam memantau aktivitas anak, fitur terbaru ini tersedia di Amerika Serikat. Demi memperluas fungsionalitas, perusahaan berencana untuk meluncurkan fitur serupa secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Dengan fitur terbaru, memungkinkan orang tua untuk mengetahui berapa lama anak-anak mereka menghabiskan waktu di Instagram. Selain itu, Anda dapat melihat siapa pengguna yang mengikuti atau mengikuti akun mereka.

Menurut laporan, dalam sebuah postingan blog, Adam Mosseri selaku Head of Instagram mengatakan bahwa fitur tersebut terdiri dari notifikasi ketika seorang anak melaporkan seseorang di platform Instagram.

Selain itu akan terus dikembangkan agar orang tua dapat menentukan durasi penggunaan Instagram sehari-hari.

Posting Meta Blog menegaskan bahwa selama beberapa bulan ke depan, itu akan menambahkan fitur baru termasuk membiarkan orang tua mengatur jam penggunaan sesuai keinginan.

Dalam pengaktifannya, fitur ini membutuhkan persetujuan kedua belah pihak, baik orang tua maupun anak.

Pada dasarnya fitur ini mirip dengan aplikasi Google Family. Bedanya, monitoring hanya sebatas platform Instagram saja.

Baca juga: Cara Membuat Coret di Instagram Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Fitur Pengawasan Versi Seluler

Meta mengungkapkan bahwa fitur Parental Supervision Instagram merupakan bagian dari Family Center yang masih dalam pengembangan.

Awalnya fitur ini akan dirilis pada akhir tahun 2021. Namun entah kenapa, Meta merilisnya pada Maret 2022.

Mark Zuckerberg selaku pemilik perusahaan mengalami beberapa kendala. Oleh karena itu, menunda rilis.

Family Center ini juga menyediakan layanan lain berupa platform Virtual Reality dengan headset Oculus VR.

Pengawasan Orang Tua akan hadir di dalamnya. Tentu saja, pengguna dapat menikmati konten dengan aman hingga waktu yang optimal. Orang tua dapat memblokir akses yang dilarang untuk anak-anak.

Ini akan menyediakan alat pemantauan di Family Center terbaru. Pada saat yang sama bekerja dengan para ahli, wali, orang tua, anak-anak, atau remaja untuk mengembangkan Pusat Keluarga. Ini adalah tempat bagi orang tua untuk memantau akun anak di aplikasi Meta.

Fitur Parental Supervision rencananya akan tersedia di Instagram mobile dan desktop pada Juni 2022.

Baca juga: Instagram Hapus Boomerang dan Hyperlapse dari Play Store, Mengapa?

Intinya, untuk dapat menggunakan fitur ini, orang tua harus mendapatkan persetujuan dari anak.

Karena nantinya dia akan mendapat notifikasi pengawasan dari orang tua. Visi lain memungkinkan orang tua untuk membantu anak remaja mereka mengelola pengalaman di seluruh teknologi Meta.

Hal ini dimaksudkan agar semuanya berada dalam satu tempat terpusat sehingga lebih mudah. Fitur Parental Supervision Instagram sangat mendukung aktivitas keduanya sehingga lebih terkontrol. (R10/HR-Online)