Fitur Telegram Premium dalam Tahap Uji Coba, Siap Saingi WhatsApp!

Fitur Telegram Premium saat ini sedang dalam masa percobaan. Saat ini fitur Telegram terbaru ini telah muncul dengan versi beta. Dengan kata lain, beberapa pengguna umum sudah dapat mencobanya.

Melansir dari The Verge, fitur terbaru ini muncul di Apple App Store dengan versi 8.7.2. Versi ini merupakan bentuk uji coba langganan Telegram yang ditandai dengan hadirnya sekumpulan stiker dan emoji yang hanya dapat diakses pengguna melalui langganan berbayar.

Baca Juga: Cara Menggunakan Anonymous Chat Telegram, Tips Ngobrol Tanpa Identitas!

Fitur Telegram Premium dalam Fase Uji Coba

Aplikasi pesan instan Telegram dilaporkan bekerja pada layanan premium tetapi berbayar. Seperti yang kita ketahui, layanan premium ini telah tersedia di aplikasi WhatsApp dalam upaya meningkatkan pendapatan.

Awalnya, Telegram hadir sebagai pesaing aplikasi WhatsApp dengan mengusung slogan. Slogannya berbunyi “Telegram gratis selamanya, tanpa iklan dan tanpa biaya berlangganan”.

Namun, informasi terbaru menyebutkan bahwa perusahaan Rusia ini akan mengenakan biaya. Selain itu, Telegram juga akan memberikan sejumlah fitur eksklusif melalui layanan Premium.

Pengembangan layanan berbayar Telegram ini sejalan dengan upaya perusahaan untuk meningkatkan pendapatan di tahun lalu. Pada Desember 2020, pendiri Telegram Pavel Durov menyebutkan bahwa perusahaan akan meluncurkan produk yang menghasilkan pendapatan melalui penjualan iklan serta fitur berbayar tambahan.

Baca Juga: Cara Nonton Drakor di Telegram Tanpa Rumit, Lakukan Ini!

Tentang Layanan Premium Telegram

Pengembang dan pembocor aplikasi. Alessandro Paluzzi mengungkapkan, nantinya perusahaan akan menghadirkan reaksi dan stiker eksklusif untuk pengguna berbayar.

Selanjutnya fitur Telegram Premium ini nantinya akan tampil dengan beberapa fitur khusus. Seperti stiker premium, serta tambahan reaksi dan masih banyak lagi. Selanjutnya, perusahaan saat ini mengubah tagline mereka menjadi Telegram yang menyediakan penyimpanan cloud gratis tanpa batas untuk obrolan dan media.

Dalam versi beta, yang benar-benar membedakannya dari layanan gratis adalah set stiker. Hal ini tentu saja tidak dapat diunduh secara bebas oleh pengguna layanan gratis.

Sedangkan untuk penerima stiker yang bukan pengguna non-bayar, ketika mencoba mendownload stiker premium, pengguna akan mendapatkan instruksi untuk berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan stiker tersebut.

Baca Juga: Cara Cari Grup di Telegram Lebih Akurat dan Mudah, Baca!

Hingga saat ini, belum ada keunggulan lain dari fitur Telegram Premium ini. Namun, kemungkinan besar layanan premium ini akan memiliki fungsionalitas di sejumlah fitur lain dari aplikasi Telegram. Seperti fitur akses aset kripto, siaran langsung hingga fitur chatbot.

Pada iOS versi beta, layanan terbaru Telegram akan memberikan lencana yang mengonfirmasi bahwa pengguna telah masuk ke anggota premium. Lencana ini kemudian akan berada di bagian atas obrolan di profil pengguna.

Berdasarkan laporan yang ada, fitur Telegram Premium ini akan tampil dengan sejumlah fitur khusus. Ini termasuk sederet stiker premium, reaksi tambahan, dan sebagainya. Namun, tidak ada kata pasti tentang berapa biaya layanan berlangganan. Belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan menjangkau pengguna Telegram secara global. (R10/HR-Online)