Fitur Tombol Edit Tweet dalam Pengerjaan, Perlukah Diluncurkan?

Fitur Edit Tweet Button sedang dalam pengerjaan. Ini menunjukkan bahwa fitur Tweet baru ini akan segera diluncurkan.

Melalui akun komunikasi resmi Twitter @TwitterComms, mereka menyatakan bahwa mereka sedang menguji fitur tombol edit untuk pengguna terbatas Twitter Blue Labas.

Menurut penjelasannya, dengan fitur ini, pengguna dapat mengedit Tweet yang telah diposting pengguna. Berita ini muncul setelah beberapa jam berita yang menyebutkan Elon Musk telah membeli 9,2% saham Twitter.

Berita ini berlanjut dengan pengumuman Musk bergabung dengan dewan direksi Twitter. Berdasarkan pengumuman tersebut, Twitter telah merintis fitur edit sejak tahun lalu.

Baca juga: Aplikasi Twitter Voice Sedang Dalam Masa Percobaan, Makin Penasaran!

Edit Fitur Tombol Tweet di Tempat Kerja

Setelah lebih dari satu tahun berdiri, Twitter akhirnya mengkonfirmasi tombol edit yang sedang berlangsung. Mengenai fitur baru ini, perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka telah mengerjakan fitur baru tersebut sejak tahun lalu.

Namun sayangnya, Twitter tidak memberikan penjelasan detail terkait tombol edit tersebut.

Meskipun demikian, perusahaan telah membagikan mockup fitur tombol edit Tweet, menunjukkan bahwa fitur tersebut akan melalui proses pengujian untuk beberapa waktu mendatang.

Baca juga: Rate Twitter Saya Trending, Begini Cara Membuatnya dan Bahayanya

Dalam Tahap Percobaan

Pada tanggal 5 April perusahaan mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan cara untuk mengedit tweet.

Terkait hal ini, Twitter sedang mengembangkan opsi pengeditan tweet yang telah mereka rintis sejak tahun lalu. Selanjutnya perusahaan akan menguji fitur Edit Tweet Button di Twitter Blue Labs.

Ini adalah tempat bagi perusahaan untuk mencoba fitur baru. Diluncurkan dari Tench Crunch pada Rabu, 6 April lalu, pelanggan Twitter Blue mungkin bisa mencoba tombol edit tweet.

Ini berlaku untuk beberapa bulan ke depan sesuai penjelasan perusahaan.

Untuk itu, Elon Musk pun membuat polling tentang tombol edit di tweet ini. Seiring berjalannya waktu, Twitter sering mendapat masukan untuk membentuk platform berdasarkan data yang dikumpulkan, salah satunya melalui polling.

Sebagian besar pengguna sebenarnya telah meminta fitur tombol edit Tweet untuk beberapa waktu. Namun di sisi lain, tak sedikit pengguna yang menganggap fitur ini justru mengaburkan berbagai informasi.

Baca juga: Undangan Update Aplikasi Twitter, Apa Tujuan Twitter?

Butuh Tombol Edit di Status Twitter?

Pembuatan fitur ini pun menimbulkan polemik di kalangan Twitter. Banyak yang berpendapat bahwa fitur edit ini bisa digunakan untuk menghilangkan jejak atau menyembunyikan fakta. Sebaliknya, itu dapat menghancurkan platform Twitter itu sendiri.

Lebih lanjut Jay Sullivan selaku Vice President of Consumer Product Twitter mengatakan bahwa pengembangan fitur edit juga penting cara yang aman atau sikap keamanan.

Tanpa batas waktu untuk transparansi dan kontrol atas apa yang telah diubah, fitur tombol edit tweet dapat disalahgunakan untuk menghancurkan rekam jejak percakapan publik. Sementara itu, integritas percakapan publik menjadi prioritas perusahaan saat mengerjakan fitur ini. (R10/HR-Online)